Telp / SMS : 085340580197 / WhatsApp : 085340580197 dealertoyotamks@gmail.com Jam Kerja : RAB 08.00-17.00 WIB :
Cara Deteksi Kerusakan Mobil Dari Warna Asap Knalpot

Cara Deteksi Kerusakan Mobil Dari Warna Asap Knalpot

Karena telah terbiasa digunakan, membuat banyak orang yang tidak menyadari bahwa mobil mereka dalam kondisi yang tidak sehat. Karena itulah mengapa Anda diwajibkan untuk melakukan service secara rutin. Sebab, selain menjaga performa kendaraan Anda tetap maksimal, ternyata service rutin juga berfungsi untuk mendeteksi kerusakan mobil Anda sejak dini. Salah satu cara mendeteksi kerusakan mobil sejak dini adalah dari asap mobilnya.

Selain melakukan pemeriksaan secara rutin, ternyata ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi kerusakan mobil, yaitu dengan cara memperhatikan dan mengenali warna gas buang yang biasanya muncul pada knalpot mobil Anda.

Untuk mesin berbahan bakar bensin, biasanya asap yang keluar tidak akan terlihat jelas atau samar. Namun, jika knalpot mobil Anda tiba-tiba mengeluarkan asap putih pekat, maka disinyalir terdapat masalah pada ring piston Anda. Masalah pada ring piston biasanya terjadi karena sudah aus akibat usia atau karena jarang mengganti oli.

Sedangkan jika Anda menggunakan mobil diesel, maka asap putih dan pekat yang dikeluarkan dari knalpot bisa menjadi pertanda bahwa sistem pembakaran solar tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini biasanya disebabkan karena jumlah solar pada ruang pembakaran terlalu banyak atau tidak dapat dibakar dengan sempurna.

Asap berwarna hitam dan biru

Selain mengeluarkan asap putih berwarna pekat, ternyata knalpot mobil juga dapat mengeluarkan asap hitam. Bagi mobil bermesin diesel, hal ini mungkin wajar. Akan tetapi menjadi berbeda jika mesin menggunakan bahan bakar bensin. Sebab, asap hitam pada mobil berbahan bakar bensin merupakan suatu tanda pembakaran yang tidak sempurna. Pada umumnya, masalah ini juga diiringi dengan kondisi mobil yang menjadi boros bensin.

Untuk menangani hal ini, sebaiknya Anda melakukan pengecekan kondisi filter udara serta berbagai komponen lainnya yang berhubungan langsung dengan sistem pembakaran, seperti sensor, fuel pressure regulator serta injeksi bahan bakar.

Sedangkan jika knalpot mengeluarkan asap berwarna biru, maka biasanya hal ini terjadi akibat dari terbakarnya oli bersama bahan bakar pada ruang pembakaran mesin. Masalah ini biasanya menimpa mobil atau kendaraan yang sudah berusia tua, jarak tempuh yang sudah cukup panjang atau penggunaan mobil yang kurang baik.

Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan volume oli secara teratur. Jika oli terlihat berkurang, maka sebaiknya berikan oli tambahan atau segera lakukan pergantian oli jika oli sudah tidak layak pakai (hitam dan mengental).

Berbagai kerusakan di atas pada umumnya bukanlah jenis kerusakan yang mampu diselesaikan sendiri. Karena itu sangat disarankan untuk segera membawa mobil Anda ke bengkel resmi sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Stay Connected

Model Terpopuler

AVANZA
11 Type
Dilihat: 1339x
RUSH
8 Type
Dilihat: 1285x

Slide Model

Jejak Pengunjung

6286
Hari ini : 8
Kemarin : 63
Bulan ini : 1585
Who's Online : 1